Jumat, 24 Agustus 2012

sedikit tentang organisasi


GMNI SEBAGIAI ORGANISASI PERJUANGAN
                GMNI lahir dengan identitasnya yang hakiki sebagai ‘’ ORGANISASI PERJUANGAN’’ yang berlandaskan  ‘’ ajaran sukarno’’ .
untuk itu ada beberapa perinsip perjuangan yang harus tetap melekat dalam diri GMNI  dan menjadi watak dasar perjuangan GMNi yaitu;
·         GMni berjuang untuk rakyat
·         GMNi berjuang bersama sama rakyat
A.Makna ‘’ GERAKAn’’ dalam GMNi
        GMNI adalah suatu organisasi gerakan, atau dalam bahasa ingris di sebut ‘Movement’ .Karna GMNI di gerakkan oleh sekelompok manusia yang bersetatus “mahasiswa”, maka GMNI di sebut  juga “student movement”.
Adapun yang d maksud sebagai gerakan” adalah: suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan dengan sadar dan sengaja oleh kelompok manusia , dengan menggunakan segala potensi yang ia miliki (mis: sosial, politik, ekonomi, kebudayaan DLL), atau yang ada di dalam masyarakat dengan tujuan untuk melakukan pembaruan-pembaruan terhadap sistem masyarakat, agar terwujud suatu tatanan masyarakat yang dicita citakan bersama.
        GMNI merupakan organisasi perjuangan dan Gerakan Perjuangan terorganisir. Artinya, gerakan perjuangan harus menjadi jiwa, Semangat atau roh GMNI. Dan segala tindak perjuangan GMNI harus terorganisir yakni senantiasa mengacu pada doktrin perjuangan yang menjadi azas GMNI.
C. Tujuan Perjuangan GMNI
        Sebagai Organisasi Perjuangan, yang menjadi tujuan Perjuangan GMNI adalah: Mendidik kader bangsa mewujudkan masyarakat pancasila sesuai dengan amanat UUD 1945 yang sejati, kaum marhaen dapat diselamatkan dari bencana kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan, dan terhindar dari berbagai bentuk penindasan.
D. GMNI bersifat independen
        GMNI adalh organisasi yang independen dan berwatak kerakyatan. Artinya, GMNI tidak beraffiliasi pada kekuatan politik manapun, dan berdaulat dengan penuh dengan perinsip percaya  (ada kekuatan sendiri. Indefendensi bukan berati netral, sebab GmniI senantiasa proaktif dalam perjuangan sesuai dengan azaz dan Doktrin perjuangan yang ia jalankan. Walau demikian, GmnI tidak idependen dari kaum marhaen serta kepentingan jaum Marhaen.
E. Makna “ Mahasiswa” Dalam GmnI
         GmnI adalah Organisasi Mahasiswa sebagai konvesional dari sifat ini, maka yang boleh menjadi anggota mahasiswa dapat menjadi anggota GmnI, sebab yang dapat menjadi anggota GmnI hanya mereka yang mau berjuang, atau Insan Mahasiswa Pejuang, tentu yang dimaksud dengan Mahasiswa Pejuangan adalah mereka yang berjuang atas Ajaran SUKARNO.
F. Makna “NASIONAL” Dalam GmnI
 GmnI adalah organisasi yang berlingkup nasional, Artinanya bukan oerganisasi kedaerahan, keagaman ,kesukuan, atau golongan yang bersifat terbatas. Makna Nasional juga mengandung Pegertian bahwa yang diperjuangkan oleh GmnI adalah Kepentingan Nasional. Sebagai Organisasi yang berwatak Nasionalis, maka Nasionalisme GmnI Jelas adalah Nasinalisme Pancasila .
G. GmnI Adalah Organisasi Kader Sekaligus Organisasi Massa
GmnI adalah Organisasi Kader sekaligus Masa, artinya GmnI Merupakan Wadah Pembinaan Kader-Kader Perjuangan  bangsa; dan dalam Perjuangan itu, kader GmnI senantiasa menyatu dengan berjuta-juta massa Marhaen. GMNI tidak berjuang sendirian, tetapi harus bersam-sama dan untuk seluruh rakyat , sebab doktrin Perjuangan GMNI menggariskan demikian. (end)
        Secara singkat tujuan perjuangan mewujudkan Masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan pancasila yang sejati sebagaimana diuraikan oleh bung karno, Penggali Pancasila , sebab GMNI berkeyakinan hanya didalam tatanan masyarakat seperti ini, Rakyat Indonesia dapat diselamatkan dari belenggu kemiskinan, kebodohan, kemelaratan, keterbelakangan dan berbagai bentuk penindasan lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka GMNI bertujuan mendidik kadar-kadar bangsa, yang akan menjadi tenaga pelopor dalam perjuangan rakyat Indonesia.
APLIKASI PENDIDIKAN KADAR GMNI
·         Kadar GMNI dididik dan dibina agar memiliki watak yang mantaf bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan menjadi pribadi yang ulet, tanggap, tanggon, dan trengginas.
·         Kadar GMNI dididik dan dibina agar memiliki wawasan patriotlisme yang mantaf, serta mempertahankan pancasila, UUD 1945 serta keutuhan negara republik indonesia dari berbagai ancaman imperelisme-kolonialisme, kapitalisme-seperatisme.
·         Kadar GMNI di didik dan dibina agar memiliki wawasan ideologi yang dalam dan senantiasa siap berada didepan barisan perjuangan rakyat indonesia, dalam menentang berbagai bentuk penindasan kapitalisme, Feodalisme, dan Militerisme.
·         Kadar GMNI di didik dan dibina agar memiliki wawasan akademis yang mendalam, sehingga  mampu menyerap berbagai disiplin ilmu pengetahuan, dan mampu mengamalkannya bagi kepentingan bangsa, Negara serta umat manusia.     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar